Program Studi S1 Farmasi STIKES Nasional Berikan Pelatihan Pembuatan Param dan Terapi Latihan Penanganan Masalah Otot dan Sendi

Kamis,14 Maret 2024

Prevalensi penyakit sendi di  Indonesia 7,3% dan osteoarthritis atau radang sendi merupakan penyakit sendi yang paling umum. Nyeri sendi adalah suatu peradangan sendi yang ditandai dengan pembengkakan sendi, warna kemerahan, panas, nyeri dan terjadinya gangguan gerak. Terjadinya nyeri sendi karena kartilago yang menebal mulai menipis secara progresif, kartilago berfungsi sebagai bantalan antara tulang dan sendi. 

Hal ini yang melandasi pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi S1 Farmasi, STIKES Nasional untuk memberikan edukasi tentang “Pembuatan Herbal Param dan Terapi Latihan Penanganan Masalah Otot dan Sendi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Gedangan, Grogol, Sukoharjo pada 9 Desember 2023.

Para mahasiswa yang terdiri dari Armelia, Henry, Jelita, Nimas dan Shita, bersama dengan Ibu Nastiti Utami, S.Si., M.Sc, memberikan pelatihan mulai dari pemutaran video tentang cara pembuatan param, manfaat masing-masing bahan yang digunakan untuk membuat param, cara penggunaannya dan membagikan sampel produk param yang telah dibuat. Param adalah sediaan padat atau cair obat tradisional, terbuat dari serbuk simplisia dan/atau ekstrak dan digunakan sebagai obat luar yang dipakai untuk mengurangi rasa sakit akibat memar, terkilir, keseleo, bengkak, atau nyeri sehabis berolahraga dan aktifitas berat.

Selain pelatihan, masyarakat juga menerima edukasi tentang gejala nyeri otot dan radang sendi yang disampaikan oleh bapak Muhammad Saiful Amin, S.Far., M.Si, serta terapi latihan sebagai penanganan masalah otot dan sendi yang sering dialami masyarakat yang disampaikan oleh bapak Diyono, S.Fis., M. Or.  Gejala nyeri otot dan sendi yang sering dirasakan yaitu rasa nyeri terasa jauh ke dalam sendi, nyeri menyebar ke paha, rasa sakit hingga terasa panas, sendi terlihat kemerahan dan bengkak, gerakan sendi berkurang atau terbatas dan sendi sulit digerakkan.